Rabu, 03 Oktober 2007

PHOSPHIDE

  1. Tipografi : Arial, Arial Black.
  2. Teori Khusus : Dalam hubungan dengan biologi, racun adalah zat yang menyebabkan luka, sakit, dan kematian organisme, biasanya dengan reaksi kimia atau aktivitas lainnya dalam skala molekul.
  3. Gaya Desain : 1914-1920 Constructivism merupakan pengaruh kutism yang berkembang di Rusia (Unisoviet). Tokohnya El Lissitzky. Desainnya mayoritas berbentuk geometris kinetik, warnanya dominan merah
  4. Asal usul nama produk : Fosfor adalah unsur kimia memiliki lambang P dengan nomor atom 15. Fosfor berupa nonlogam, bervalensi banyak, termasuk golongan nitrogen, banyak ditemui dalam batuan fosfat anorganik dan dalam semua sel hidup tetapi tidak pernah ditemui dalam bentuk unsur bebasnya. Fosfor amatlah reaktif, memancarkan pendar cahaya yang lemah ketika bergabung dengan oksigen, ditemukan dalam berbagai bentuk, dan merupakan unsur penting dalam makhluk hidup. Kegunaan fosfor yang terpenting adalah dalam pembuatan pupuk, dan secara luas digunakan dalam bahan peledak, korek api, kembang api, pestisida, odol, dan deterjen.
  5. Check List Ekspresionistik :

a. Elemen utama dari kemasan Phosphide adalah gambar empat ekor tikus yang dua diantaranya sedang mencicipi makanan beracun dan dua lainnya yang telah mati akibat racun tersebut. Gambar tersebut terletak di bagian tengah kemasan dan berwarna merah dengan tulisan 'Awas Racun'. Warna merahnya itu melambangkan tanda bahaya yang merupakan sebuah tanda peringatan dan menonjolkan kekuatan atau keampuhan dari produk ini. Hal ini yang ingin ditampilkan sebagai point of interest dari produk ini yang sudah jelas merupakan racun tikus yang terbukti ampuh membunuh tikus. Warna yang dominan adalah warna hitam, putih dan merah.

b. Ornamen pendukungnya adalah data-data produksi dari produk Phosphide itu sendiri yang terletak di bagian atas dan bawah dari kemasannya.

c. Warna dasar yang digunakan adalah merah dan hitam.

d. Tipografinya Serif dan Sanserif.

e. Lay out nya simetris.

f. Arti Nama dari Phosphide adalah fosfor, yaitu semacam zat kimia.

6. Check List Instrumentalistik :

a. Gaya Desain

Gaya desain yang digunakan pada kemasan ini yaitu Constructivism, karena pada kemasan ini menggunakan ilustrasi nya menggunakan warna-warna primer (merah dan hitam).

b. Konteks budaya yang terdapat dalam Phosphide adalah budaya barat yang ditunjukkan lewat nama 'Phosphide' itu sendiri dan budaya China yang terlihat dari tulisannya pada bagian belakang kemasannya.

c. Konteks sosial dari Phosphide adalah pada masa itu para petani sering menggunakan racun tikus untuk membasmi hama tikus. Desainnya sengaja dibuat menarik dengan warna dominan merah yang menonjolkan khasiat racun tikusnya sendiri.


  • Penafsiran (ekspresionistik) :

Terdapat typography cina dan background menggunakan warna merah, sebagai ciri khasnya. Gambar 4 tikus yang ada sedang terkapar karena racun phosphide menunjukkan bahwa racun tersebut sangat ampuh untuk membasi tikus. Gambar tengkorak lebih menekankan bahwa racun tikus tersebut sangat berbahaya karena mengandung bahan yang sangat berbahaya. gambar singa pada kemasan depan menunjukkan adanya pengaruh Inggris dilihat dari fakta bahwa beberapa negara bekas jajahan Inggris menggunakan lambang singa sebagai lambang negara.

  • kaitan sosial (instrumentalistik) :
Phosphide digunakan untuk membasmi tikus di daerah perumahan, dilihat dari cara pakainya yang dicampur dengan makanan dan di letakkan di berbagai tempat yang sering didatangi oleh tikus.

Links :


Tidak ada komentar: