Rabu, 03 Oktober 2007

PAK AYEM

1. Tipografi: Menggunakan font serif

2. Teori khusus: Tembakau (Nicotiana spp., L.) adalah genus tanaman yang berdaun lebar yang berasal dari daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Daun dari pohon ini sering digunakan sebagai bahan baku rokok, baik dengan menggunakan pipa maupun digulung dalam bentuk rokok atau cerutu. Daun tembakau dapat pula dikunyah atau dikulum, dan ada pula yang menghisap bubuk tembakau melalui hidung. Tembakau mengandung zat alkaloidnikotin, sejenis neurotoxin yang sangat ampuh jika digunakan pada serangga. Zat ini sering digunakan sebagai bahan utama insektisida.

3. Gaya desain: realism,berasal dari kata "Real" atau "Nyata". Realism merupakan masa setelah Revolusi Industri di Inggris (dimana manusia vs mesin pada saat itu). Ciri khas realism antara lain penemuan fotografi (1839) mempengaruhi arah perkembanagn Realism. Paham sosialism menjadi ciri khas dari gaya ungkap Realism. Realism menjadi dasar lukisan timur, banyak menggunakan kehidupan orang dan sifatnya, bisa menyindir orang lain.

4. Asal usul nama produk: pak ayem berasal dari nama sang pemilik produk tersebut atau bisa juga dari kata “adem ayem” yang berarti tenang atu santai.

5. check list ekspresionistik

- elemen utama (gambar utama): gambar seorang pria yang sedang beristirahat di bawah pohon rindang sekitar pegunungan sambil menghisap rokok.

- elemen pendukung (ornamen, dsb): garis yang membentuk kotak

- warna: menggunakan warna dasar putih dan warna merah pada fontnya

- tipografi: jenis font yang digunakan san serif

- lay out (simetris, asimetris, dsb): simetris

6. arti nama: pak ayem berasal dari nama sang pemilik produk tersebut atau bisa juga dari kata “adem ayem” yang berarti tenang atu santai.

7. check list instrumentalistik

a) gaya desain: realism, terlihat dari gambar seorang pak ayem yang sedang merokok dan duduk di bawah pohon. karena realim sendiri menggambarkan kehidupan seseorang.

b) konteks budaya: dipengaruhi budaya jawa tengah.

c) konteks sosial:

  • penafsiran (ekspresionistik) : terdapat ilustrasi gambar expresionist seorang petani yang sedang bersantai di bawah pohon besar seperti pohon beringin, duduk dengan kaki kanan yang diangkat, dan menikmati rokok dengan tangan kanan menunjukkan kenyamanan merokok setelah bekerja seharian penuh, ia terlihat begitu santai di bawah pohon besar itu.

  • kaitan sosial (instrumentalistik) : Orang Jawa tenah yang bekerja sebagai petani, sehabis bekerja biasanya mereka 'ngadem' di bawah pohon sambil merokok.

Tidak ada komentar: