Kamis, 17 Januari 2008

Sumber Data

tidak loepa kami ingin mengucapkan Terimakasih atas bantuan juga kerjasamanya dari saudari Melani.P dan Ester.P atas waktu-tenaga yang telah diberikan dalam proses pencarian data dan sumber data mengenai usaha Lenting rokok di desa Sukorejo... sebab informasi ini akan sangat bermanfaat sekali !!! kami percaya, segala jerih payah ini tidak akan menjadi sia-sia.
Melani Purbaya bersama kakaknya, Ester Purbaya

hasil scan, ini merupakan surat (berisi : keterangan mengenai pak.Satria)
yang telah diterjemahkan ke dalam versi bahasa Indonesia (oleh sdri.Melani)
berhubung kesehatan pak.Satria yang kurang baik saat itu,
maka beliau saat wawancara berlangsung tidak dapat direkam.


Proses Peninjauan & Pencarian Data Data ini diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik kertas rokok bapak Satria melalui perantara. Dalam wawancara tersebut bapak Satria diketahui tidak dapat berbahasa Indonesia, hanya dapat berbahasa Madura, oleh karena itu beliau meminta bantuan tetangganya untuk menerjemahkan bahasa Madura ke bahasa Jawa, kemudian bahasa Jawa tersebut dibantu terjemahkan oleh saudari Melani yang masih memiliki hubungan dengan salah satu anggota pemoeda-pemoedie.

Proses dokumentasi dilakukan langsung di Jl. Raya Pasar no. 57 yang merupakan tempat tinggal dari bapak Satria. Foto-foto yang diambil menggunakan camera handphone. Sedangkan foto-foto pemilik cap Tjangkar didapat dari koleksi foto pribadinya.

Untuk proses dalam mencari referensi didapat dari internet, dan buku mengenai kretek karangan Mark Hanusz

Links :

Pemilik Lenting Rokok Satria

Kemasan Satria

Latar Belakang

Tafsiran

Lenting Rokok Pertama di Sukorejo

Proses Pembuatan Lenting Rokok



Tidak ada komentar: